Berita Terbaru

6/recent/ticker-posts

Ibadah HUT Flobamora Kabupaten Yahukimo ke-11: Mengusung Tema Menjadi Berkat

Yahukimo, Olemah.com – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Flobamora Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, berlangsung khidmat pada Sabtu, 15 Juni 2024. Acara yang digelar di Gedung Soska Katolik, Dekai, ini mengusung tema "Flobamora Yahukimo Menjadi Berkat" yang diambil dari Markus 10:45, serta sub tema "Flobamora Bergerak Mendukung dan Membangun Yahukimo."

Gembala Nihervina S.Pd, dalam khotbahnya, menekankan pentingnya menjadi berkat bagi sesama. "Bagaimana kita bisa menjadi berkat, untuk apa kita menjadi berkat, dan kepada siapa kita menjadi berkat," ujarnya. Ia mengingatkan bahwa meskipun umur ikatan keluarga besar Flobamora baru 11 tahun, anggota komunitas harus berusaha menjadi berkat di tanah tempat mereka hidup, bekerja dengan jujur, dan menghindari mencari keuntungan pribadi yang besar.

"Keluarga Flobamora terdiri dari 12 suku, bukan hanya dari satu kampung. Jadi kita harus bekerja sama menjaga nama baik Flobamora. Jika sesuatu terjadi pada satu orang, yang disebut adalah Flobamora, bukan perorangan," tambahnya.

Dalam sambutannya, salah satu tokoh Bapak Karel L. Alomau Flobamora menyampaikan, "Kami Pewaris Flobamora Empat Serangkai yang terdiri atas Pulau Flores, Sumba, Timor, dan Alor serta pulau-pulau kecil lainnya di daratan Flobamora. Meskipun tinggal jauh dari tanah kelahiran, tali persaudaraan tetap terjaga. Banyak cerita, pengalaman, suka, dan duka dari kami Flobamora, baik dalam membesarkan ikatan ini maupun selama hidup merantau di Tanah Papua dan Tanah Yahukimo."

Sejak tahun 1970 dan 1974, enam orang tua dari Flobamora menginjakkan kaki di Pulau Irian Barat sebagai tenaga pendidik di daerah Tangma, Ibiroma, Pugima, Bokondini, Piramit, dan Wamena di Kabupaten Pegunungan Jayawijaya. Hal ini menandai kehadiran warga Flobamora di Pegunungan Papua. Hingga saat ini, warga Flobamora telah berbaur dengan masyarakat Yahukimo, menjadi bagian kecil dari warga Nusantara di Kabupaten Yahukimo untuk bersama-sama menjadi berkat dalam membangun Yahukimo.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Kapolsek Dekai Kota, Ketua FKUB, Ketua PGGY atau perwakilannya, Ketua PKK atau perwakilan Pemerintah Daerah, Kepala Dinas Pendidikan, serta para undangan dan simpatisan lainnya.

Perayaan berlangsung meriah dan penuh kebersamaan, ditutup dengan jamuan makan bersama yang disiapkan oleh keluarga besar Flobamora. Momen ini tidak hanya menjadi ajang perayaan tetapi juga mempererat tali persaudaraan di antara anggota komunitas Flobamora dan masyarakat Yahukimo.

Dengan semangat kebersamaan dan tekad untuk terus mendukung pembangunan Yahukimo, perayaan HUT Flobamora ke-11 ini diharapkan dapat membawa dampak positif dan menjadi inspirasi bagi seluruh anggota komunitas dan masyarakat sekitar. (Kaki Abu)





Posting Komentar

0 Komentar