Berita Terbaru

6/recent/ticker-posts

Bawaslu Yahukimo Gelar Tes Tertulis untuk 447 Calon Anggota Panwaslu Kecamatan

Suasana Foto bersama Setelah Test Tertulis Calon Anggota panwaslu 51 kecamatan oleh Bawaslu kabupaten Yahukimo di Aula OKMC GIDI YAHUKIMO

Dekai, Olemah.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Yahukimo menggelar tes tertulis bagi 447 calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) tingkat distrik se-Kabupaten Yahukimo. Tes ini merupakan bagian dari seleksi untuk Pilkada 2024 dan dilaksanakan di Aula OKMC Gidi Dekai pada Senin, 21 Mei 2024.

Ketua Bawaslu Yahukimo, Yusem Bahabol, menjelaskan bahwa tes tertulis ini dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis dari Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi Papua Pegunungan dalam rangka pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk Pilkada Yahukimo dan Pilgub Provinsi Papua Pegunungan 2024.

"Hari ini kami melaksanakan tes tertulis setelah sebelumnya melakukan pembukaan dan pendaftaran yang dilakukan oleh Kordiv SDMO. Hasil kelulusan pemberkasan sudah dikeluarkan bagi yang memenuhi syarat, dan hari ini kami melakukan tes tertulis," kata Yusem Bahabol kepada media.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO), Periskila Itlay, menyatakan bahwa 447 peserta mengikuti tes tertulis. Tahap selanjutnya akan dilanjutkan dengan tahap wawancara bagi mereka yang lulus tes tertulis. "Tes tertulis ini diikuti oleh putra-putri terbaik dari Yahukimo. Hasilnya akan diperiksa sesuai dengan jawaban mereka. Bagi yang dinyatakan lulus, akan dilanjutkan ke tahap wawancara," ujar Periskila Itlay.

Periskila menjelaskan bahwa tes tertulis terdiri dari dua jenis soal, yaitu pilihan ganda dan esai. "Kami akan menilai kemampuan mereka berdasarkan jawaban mereka. Hasil tes tertulis akan kami umumkan sebelum melanjutkan ke tahapan wawancara," tambahnya.

Periskila Itlay menekankan bahwa Bawaslu merupakan lembaga independen yang bertujuan merekrut individu yang kompeten untuk membantu Bawaslu Kabupaten dalam menyukseskan Pilkada dan Pilgub 2024. "Tidak ada yang bisa menitipkan calon anggota Panwaslu kecamatan di 51 distrik. Kami akan menerima mereka yang memiliki kemampuan terbaik untuk membantu kami di 51 distrik," tegasnya.

Tes tertulis ini dihadiri oleh staf Bawaslu Provinsi Papua Pegunungan Divisi SDMO yang membawa soal-soal tes tertulis, yaitu Dalhari, serta Komisioner Bawaslu Yahukimo Yusem Bahabol, Periskila Itlay, Peud Yahuli (Kordiv Pencegahan dan Hubungan Masyarakat), Somun Kobak (Kordiv Hukum dan Sengketa), dan para peserta. Tes dimulai setelah staf Bawaslu Provinsi Papua Pegunungan menyerahkan soal-soal kepada Ketua Bawaslu Yahukimo dan kemudian diteruskan kepada Kordiv SDMO untuk memulai tes.

Suasana di Aula OKMC Gidi Dekai terlihat penuh semangat saat para peserta memasuki ruangan tes tertulis Panwaslu Kecamatan.(P.L)

Posting Komentar

0 Komentar